FIGHTNEWS/Zunfer Promotions

Brian Viloria (kiri) hadapi Hernan “Tyson” Marquez

LOS ANGELES, Kompas.com – Petinju Brian Viloria menghentikan Hernan “Tyson” Marquez pada ronde ke-10 untuk menambahkan gelar juara dunia kelas terbang Asosiasi Tinju Dunia (WBA) yang sebelumnya dipegang Marquez pada gelarnya pada kelas yang sama versi Organisasi Tinju Dunia (WBO) di Los Angeles, Sabtu (Minggu WIB).

Viloria yang merupakan petinju keturunan Filipina-Amerika a memukul jatuh Marquez pada ronde pertama dan melanjutkan dominasinya pada ronde-ronde awal.

Petinju Meksiko Marquez mencoba bangkit pada ronde kelima tapi Viloria dapat mengatasinya dan kembali menyeret Marquez ke kanvas lagi.

Saat Viloria menjatuhkan Marquez untuk ketiga kalinya pada ronde ke-10 dengan pukulan tangan kiri, kubu Marquez melemparkan handuk dan wasit menghentikan pertarungan itu saat waktu ronde tersebut menunjukkan 1:01.

“Saya pikir pukulan hook kiri saya terlalu cepat bagi dia,” kata Viloria, yang merebut gelar WBO dia dengan mengalahkan Julio Cesar Miranda pada Juli 2011.

Viloria, yang menang TKO atas petinju Meksiko Omar Romero di Filipina pada 13 Mei lalu, memperpanjang rentetan kemenangan dia menjadi enam kali sejak kekalahanmnya dari Carlos Tamara pada 2010.

Ia kini mencatat rekor 32-3, sementara Marquez kini mencatat 34-3, dengan 25 KO.